Organisasi pelayanan manusia (Human Service Organization) merupakan organisasi yang bergerak di bidang penyediaan layanan bagi kebutuhan manusia
== Definisi ==
'''Organisasi pelayanan manusia'''adalah organisasi yang memiliki fungsi utama mempertahankan atau meningkatkan [[kesejahteraan]] individu dengan membentuk atau mengubah [[atribut pribadi]] mereka.{{fact}}
== Tujuan ==
Dalam bukunya, Organisasi Pelayanan Manusia:Kategori Berguna atau Jargon Tidak Berguna?, Martin menyatakan bahwa organisasi pelayanan manusia bertujuan memenuhi secara sosial kebutuhan manusia.
== Klasifikasi Hasenfeld ==
Menurut Hasenfeld, organisasi pelayanan manusia dapat diklasifikasikan berdasarkan dua hal:{{fact}}
* Tipe klien yang dibantu{{fact}}
a. Berfungsi Normal
Seorang [[klien]] dikatakan berfungsi normal apabila tidak terdapat masalah atau gangguan pada dirinya yang menghambatnya dalam menjalankan peran.{{fact}}
b. Fungsi Terganggu
Seorang klien dikatakan terganggu fungsinya apabila terdapat masalah atau gangguan pada dirinya yang menghambatnya dalam menjalankan peran.{{fact}}
* [[Teknologi]] Transformasi yang diterapkan{{fact}}
a. Memproses Orang (People-Processing)
Bertujuan mentransformasikan klien dengan tidak mengubah atribut personalnya, tetapi memberi label pada status yang akan menimbulkan respon dari [[unit sosial]] lain. {{fact}}
b. Mempertahankan Orang
Bertujuan mencegah, mempertahankan, atau memperlambat kemunduran kondisi sejahtera klien.{{fact}}
c. Mengubah Orang
Bertujuan mengubah secara langsung atribut personal klien untuk meningkatkan kondisi sejahtera mereka.{{fact}}
== Klasifikasi Dunham ==
Menurut [[Arthur Dunham]], oranisasi pelayanan manusia dapat diklasifikasikan berdasarkan tiga hal:{{fact}}
* Berdasarkan naungan{{fact}}
a. [[Organisasi Pemerintah]] (Government Organization/GO)
b. [[Organisasi Non-Pemerintah]] (Non-Government Organization/NGO)
* Berdasarkan bidang kegiatan{{fact}}
a. [[Kesejahteraan Anak]]
b. [[Kesejahteraan Wanita]]
c. [[Kesehatan Mental]]
d. [[Disabilitas]]
e. Lain-lain
* Berdasarkan letak Geografis{{fact}}
a. [[Lokal]]
b. [[Regional]]
c. [[Nasional]]
d. [[Internasional]]
== Karakteristik ==
Ada beberapa karakteristik, diantaranya :{{fact}}
# Material dasarnya adalah manusia
# Tujuannya bersifat problematik dan tidak jelas
# Teknologi yang digunakan bersifat tidak pasti
# Kegiatan inti adalah relasi antara staf dan klien
# Kurang memiliki ukuran-ukuran efektivitas yang handal
http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Pelayanan_Manusia
Apakah anda seorang owner/HRD incharge yang menginginkan diklat Kepribadian, Komunikasi dan Pelayanan untuk peningkatan kemampuan SDM anda? Kamilah solusinya: "Alstar" beralamat di Surabaya HP. 087 854 868 029 / YM alstar_alstar@yahoo.com, kami akan membantu anda untuk sharing berbagai Filosofi, Konsep, Teori, Metode dan Praktek-praktek yang memudahkan pemahaman SDM terhadap Goals yang ingin diciptakan oleh instansi/perusahaan. Kami siap melatih SDM anda dalam sesi inclass maupun outbound.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar