Total Tayangan Halaman

Kamis, 05 April 2012

Pelayanan

 Organisasi pelayanan manusia (Human Service Organization) merupakan organisasi yang bergerak di bidang penyediaan layanan bagi kebutuhan manusia

== Definisi ==
'''Organisasi pelayanan manusia'''adalah organisasi yang memiliki fungsi utama mempertahankan atau meningkatkan [[kesejahteraan]] individu dengan membentuk atau mengubah [[atribut pribadi]] mereka.{{fact}}



== Tujuan ==
Dalam bukunya, Organisasi Pelayanan Manusia:Kategori Berguna atau Jargon Tidak Berguna?, Martin menyatakan bahwa organisasi pelayanan manusia bertujuan memenuhi secara sosial kebutuhan manusia.


== Klasifikasi Hasenfeld ==
Menurut Hasenfeld, organisasi pelayanan manusia dapat diklasifikasikan berdasarkan dua hal:{{fact}}

* Tipe klien yang dibantu{{fact}}
a. Berfungsi Normal

Seorang [[klien]] dikatakan berfungsi normal apabila tidak terdapat masalah atau gangguan pada dirinya yang menghambatnya dalam menjalankan peran.{{fact}}

b. Fungsi Terganggu

Seorang klien dikatakan terganggu fungsinya apabila terdapat masalah atau gangguan pada dirinya yang menghambatnya dalam menjalankan peran.{{fact}}

* [[Teknologi]] Transformasi yang diterapkan{{fact}}
a. Memproses Orang (People-Processing)

Bertujuan mentransformasikan klien dengan tidak mengubah atribut personalnya, tetapi memberi label pada status yang akan menimbulkan respon dari [[unit sosial]] lain. {{fact}}

b. Mempertahankan Orang

Bertujuan mencegah, mempertahankan, atau memperlambat kemunduran kondisi sejahtera klien.{{fact}}

c. Mengubah Orang

Bertujuan mengubah secara langsung atribut personal klien untuk meningkatkan kondisi sejahtera mereka.{{fact}}

== Klasifikasi Dunham ==
Menurut [[Arthur Dunham]], oranisasi pelayanan manusia dapat diklasifikasikan berdasarkan tiga hal:{{fact}}
* Berdasarkan naungan{{fact}}

a. [[Organisasi Pemerintah]] (Government Organization/GO)

b. [[Organisasi Non-Pemerintah]] (Non-Government Organization/NGO)
 
* Berdasarkan bidang kegiatan{{fact}}

a. [[Kesejahteraan Anak]]

b. [[Kesejahteraan Wanita]]

c. [[Kesehatan Mental]]

d. [[Disabilitas]]

e. Lain-lain

* Berdasarkan letak Geografis{{fact}}

a. [[Lokal]]

b. [[Regional]]

c. [[Nasional]]

d. [[Internasional]]

 == Karakteristik ==
Ada beberapa karakteristik, diantaranya :{{fact}}
# Material dasarnya adalah manusia
# Tujuannya bersifat problematik dan tidak jelas
# Teknologi yang digunakan bersifat tidak pasti
# Kegiatan inti adalah relasi antara staf dan klien
# Kurang memiliki ukuran-ukuran efektivitas yang handal

http://id.wikipedia.org/wiki/Organisasi_Pelayanan_Manusia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar